ETIOLOGI BIBIR SUMBING PDF

Metodologi: Kami laporkan pasien VWS laki-laki usia 5 bulan dengan presentasi klinis yang jarang: bibir sumbing. dan langit-langit sumbing. Latar belakang Celah Orofacial (yaitu, celah bibir, celah bibir dan langit-langit, celah langit-langit sendiri, serta median, lateral, sumbing. Etiologi Bibir Sumbing Pdf · 0 Comments · Read Now. Labioschisis atau biasa disebut bibir sumbing adalah cacat bawaan yang menjadi.

Author: Nakasa Douk
Country: Hungary
Language: English (Spanish)
Genre: Environment
Published (Last): 9 November 2010
Pages: 428
PDF File Size: 17.63 Mb
ePub File Size: 7.26 Mb
ISBN: 666-9-71145-582-5
Downloads: 55087
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Gazil

Please fill this form, we will try to respond as soon as possible. Umumnya serat otot palatum molle berorientasi secara melintang tanpa tambahan berarti ke palatum durum. Kedua cincin otot superior terganggu pada kedua sisinya, menghasilkan hidung yang mengembang akibat kurangnya kontinuitas otot nasolabialpenonjolan premaksila dan area kulit di depan premaksila, dikenal sebagai prolabium, ketiadaan otot.

Proses perkembangan palatum. Celah sumbingg langit-langit lunak incomplete cleft palate Klas II: Celah ini bubir meluas dari bagian depan mulut langit-langit keras ke arah tenggorokan langit-langit lunak.

Penyebab celah orofasial diduga multifaktor disebabkan gen juga faktorfaktor lingkungan.

Rama Dia Dara_aspek Genetik Pada Palatoschisis

Celah dapat melibatkan sisi lain langit-langit. Biasanya hal ini akan menjadi celah tunggal di bawah lubang hidung bibir sumbing unilateral. Insiden tertinggi yang dilaporkan terjadi pada celah bibir dan palatum muncul pada suku-suku Indian di Montana. Beberapa celah orofasial dapat terdiagnosa dengan USG prenatal, namun tidak terdapat skrining sistemik untuk celah orofasial. Namun setelah rahang bawah os mandibula berkembang, maka ruang bertambah besar, sehingga lidah turun ke bawah.

Bagian dari langit-langit mulut; primary palate dan secondary palate. Makalah kelompok ini dibuat untuk memenuhi tugas kepaniteraan klinik Ilmu gigi dan mulut, penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih jauh etiolgi sempurna. Sindroma yang dihubungkan dengan celah orofasial sering dikenal sebagai sebab kromosomal atau genetik.

  DSL605EW MANUAL PDF

Pada kebanyakan kasus, anggota keluarga lain juga memiliki celah palatum ketika lahir.

Sebagaimana celah bibir unilateral, deformitas otot, kartilago dan skeletal mempengaruhi jaringan mukokutan, yang harus dihargai dalam perencanaan perbaikan celah bibir bilateral. Pemeriksaan genetik juga memberi informasi pada orangtua tentang resiko mereka untuk mendapat anak lain dengan celah bibir atau celah palatum.

Dismorfologi Pada Kelainan Genetik Documents.

Ada bermacam-macam teknik yang dilakukan pada operasi primer. Celah palatum adalah hasil dari kegagalan menyatunya dua lempeng palatina.

Etiologi palatoschisis Palatoschisis adalah kelainan bawaan yang penyebab utamanya adalah tidak berfusinya palatum pada proses embrional dan dari beberapa penelitian vibir bahwa dapat juga di sebabkan oleh: Tingkat keparahan cacat dapat bervariasi.

Satu pengecualian adalah celah submukosa dimana terdapat celah pada palatum, namun tertutupi oleh garis mulut yang lembut dan kokoh. Terjadi pemisahan bibir dan langit — langit, Infeksi telinga berulang, Berat badan tidak bertambah serta Pada bayi terjadi regurgitasi nasal ketika menyusui yaitu keluarnya air susu dari hidung. Dilanjutkan penelitian yang lebih lanjut tentang cleft lip and palate 2. Fibromukosa ginggiva terletak lebih lateral dan berbatasan dengan gigi.

Makalah Cleft Lip Palate

Anak-anak dan keluarga dengan celah orofacial sering mengalami masalah psikologis serius. Palatum mole merupakan lanjutan dari palatum durum, di sebelah lateral melekat pada dinding faring dan sebelah posterior sebagai suatu pinggiran bebas.

Celah pada satu sisi bibir yang tidak meluas ke hidung disebut inkomplit unilateral. Berbeda dengan celah bibir, celah langitlangit bubir palatoschisis merupakan suatu kelainan yang sering terjadi bersamaan dengan celah bibir dan alveolar, atau dapat tanpa kelainan lainnya. Posisi normal dari kanalis nasopalatinalis membagi langit-langit mulut menjadi dua bagian yaitu primary palate dan secondary palate.

Substansi Genetik Pada Manusia Gibir. Seringkali celah juga melibatkan bibir.

Kritik 13 dan saran untuk penyempurnaan semoga telaah ini dapat berguna dan memberikan manfaat bagi kita semua.

  FADEC ECU PDF

Satu studi gagal menemukan hubungan antara pemaparan pekerjaan orangtua terhadap timah dengan resiko celah oral.

Terjadi pemisahan bibir dan langit — langit. Celah langit-langit adalah hasil dari kegagalan menyatunya dua aumbing. Beberapa ambigu studi-studi tersebut mungkin menjelaskan oleh studi baru-baru ini yang menemukan bahwa resiko celah oral dapat dikurangi hanya dengan dosis tinggi konsumsi asam folat pada waktu pembentukan bibir dan langit-langit. Bagaimanapun peneliti lainnya etoilogi menemukan adanya hubungan ini.

Deformitas ini mempengaruhi jaringan mukokutan, menyebabkan perpindahan kulit hidung kedalam bibir dan retraksi kulit labia, juga perubahan ke merah terang dan mukosa bibir. Sampai saat ini etiologi cleft palate belum sepenuhnya terungkap, tetapi telah diketahui bahwa faktor genetis dan faktor paparan agensia-agensia toksik dari lingkungan seperti etanol, retnoid, kafein, dioksin, dan berbagai jenis obat-obatan terhadap embrio yang sedang berkembang terminate di dalamnya.

Jika septum nasi dan vomer terpisah secara total dari prosesus palatina, celah langit-langit disebut komplit. Celah yang melibatkan kedua sisi bibir dan meluas kedalam dan melibatkan hidung disebut komplit bilateral. Studi berbeda mengindikasikan bahwa merokok selama kehamilan merupakan faktor resiko minor dalam pembentukan celah oral, dan tergantung dosis. Kelainan celah bibir dapat menyebabkan gangguan pada fungsi bicara, pengunyahan dan penelanan serta estetik dan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah saw, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Pembedahan yang optimal untuk celah langit-langit dilakukan sekitar umur bulan. Bagaimanapun, jumlah kasus dalam studi tersebut kecil, dan pengukuran terhadap pemaparan timah hanya berdasarkan catatan sensus Irgens